Rabu, 09 November 2011

PERTEMUAN VII


PACKAGE DAN JAVA KELAS

A.      PACKAGE
Package digunakan/berfungsi untuk mengelompokkan file kelas (*.class) yang terkait (karena jenisnya, fungsinya atau karena alasan lainnya)  pada direktori yang sama, dimana di dalam setiap kelasnya terdapat directive (statemen java dalam source code yang digunakan untuk membuat kelas) package yang mengacu pada directory tersebut.
Package adalah sarana atau cara pengelompokkan dan pengorganisasian kelas-kelas dan interface yang sekelompok menjadi suatu unit tunggal dalam library.
Package juga mempengaruhi mekanisme hak akses ke kelas-kelas didalamnya.
Deklarasi package :
    Package namaPackage;

Secara umum, bila ingin menggunakan kelas yang telah dideklarasikan dan dikompile kedalam suatu package, maka anda perlu membubuhkan pernyataan import pada kelas pemanggil tersebut.
Deklarasi import :
1.      Mendeklarasikan menggunakan kelas suatu package satu persatu
Import namaPackage.namakelas;
2.      Mendeklarasikan penggunaan semua kelas suatu package
Import namaPackage.*;

Pengaruh Package Terhadap Method Main
Kelas yang mengandung method main() memiliki syarat tidak berada dalam suatu package, dan hirarki posisi foldernya diatas package yang di import.

Membuat Package
1.         Mendeklarasikan dan memberi nama package
2.         Membuat struktur dan nama direktori yang sesuai dengan struktur dan nama package.
3.         Mengkompilasi kelas-kelas sesuai dengan packagenya masing-masing.

Mendeklarasikan Package
1.         Diletakkan pada bagian paling awal (sebelum deklarasi import) dari source kode setiap kelas yang dibungkus package tersebut.
2.         Bentuk umum deklarasi package :
  package namaPackage;
3.         Deklarasi tersebut akan memberitahukan kompilator , kelibray manakah suatu kelas di kompilasikan dan dirujuk.

Memberi Nama Package
1.         Diawali huruf kecil
2.         Menggambarkan kelas-kelasyang dibungkusnya
3.         Harus unik (berbeda dengan nama package stndart)
4.         Mempresentasekan path dari package tersebut
5.         Harus sama dengan nama directorynya.
Contoh Package standart :
1.      Java.lang(berisi kelas-kelas fundamental yang sering digunakan)
2.      Java.awt dan javax.swing(berisi kelas-kelas untuk membangun aplikasi GUI)
3.      Java.io(berisi kelas-kelas untuk proses input dan output)

Membuat Struktur Directory
1.         Package dapat bersarang di package lain, sehingga dapat dibuat hirarki package
2.         Bentuk umum pernyataan package multilevel:
package namaPackage1[.namaPackage2[.namaPackage3]];
3.         Contoh hirarki package di JDK:
Package java.awt.image;

B.     JAVA KELAS
Java adalah sebuah teknologi yang diperkenalkan oleh Sun Microsystems pada pertengahan tahun 1990. Menurut definisi dari Sun, Java adalah nama untuk sekumpulan teknologi untuk membuat dan menjalankan perangkat lunak pada komputer standalone ataupun pada lingkungan jaringan yang menyediakan banyak kelas yang dapat digunakan untuk mempermudah pembuatan aplikasi Java.
1.      Kelas string
String merupakan kelas yang menangani deretan kerekter. Kelas ini mendukung sejumlah method yang sangat berguna untuk memanipulasi string. Beberapa method dalam kelas string adalah :
-          Char charAt (int indeks): menghasilkan karakter yang terletak pada posisi indeks.
-          Boolean aquals (Object anObject): membandingkan string ini dengan obyek lain. Case sensitif.
-          Boolean aqualsIgnoreCase (String anString): membandingkan string ini dengan obyek lain. Tidak case sensitif.
-          Int Length(): mengembalikan nilai panjang/jumlah karakter dari string.
-          String toLowerCase() : mengkonversi semua karakter menjadi huruf kecil.
-          String toUpperCase(): mengkonversi semua karakter menjadi huruf  besar.
-          String trim(): mengembalikan salinan string ini setelah menghilangkan spasi kosong di awal dan di akhir string.

2.      Kelas Math
Math adalah kelas yang terdapat pada paket java.lang yang berguna untuk melakukan berbagai operasi matematika. Beberapa method dalam kelas math adalah.
-          Double abs(double a ): mengasilkan nilai mutlak dari atribut.
-          Double ceil(double a): mengkonversi nilai atribut dengan pembulatan ke bawah.
-          Double floor(double a): mengkonversi nilai atribut dengan pembulatan ke atas.
-          Long round(double a): menghasilkan nilai yang merupakan bilangan bulat terdekat dengan parameter a.
-          Double sqrt(double a): menghasilkan nilai yang merupakan akar kuadrat dari a. 

Teknologi Java memiliki tiga komponen penting, yaitu:
1.           Programming-language specification
2.           Application-programming interface
3.          Virtual-machine specification

               A.    Membuat Program Manusia.java
                       //file manusia harus berada dalam folder makhlukhidup
                      package makhlukhidup;
                               public class manusia {
                               public String nama="";
                        public manusia(String nama) {
                        this.nama=nama;
                   }
             }
             Hasilnya :

           B.    Membuat Program Tumbuhan.java

//file tumbuhan harus berada dalam folder makhlukhidup
package makhlukhidup;
public class tumbuhan {
            public String nama="";
            public tumbuhan(String nama) {
                        this.nama=nama;
            }
}
Hasilnya : 
 
C.    Membuat Program Burung.java

//file burung harus berada dalam folder makhlukhidup/hewan`
package makhlukhidup.hewan;
public class burung {
            public static final boolean bisaterbang=true;
            public  String nama="";
            public burung(String nama) {
                        this.nama=nama;
                        System.out.println("Nama burung: "+nama);
            }
}

Hasilnya : 
 
D.  Membuat Program MainMakhlukHidup.java

//file mainmakhlukhidup harus berada dalam folder meet6
public class mainmakhlukhidup {
            public static void main(String [] args) {
                        makhlukhidup.manusia m= new makhlukhidup.manusia("Sayuti");
                        System.out.println("nama  : "+m.nama);

                        makhlukhidup.tumbuhan t = new makhlukhidup.tumbuhan("Palem");
                        System.out.println("nama  : "+t.nama);

                        System.out.println("Semua burung pasti bisa terbang?" +makhlukhidup.hewan.burung.bisaterbang);
                        makhlukhidup.hewan.burung b= new makhlukhidup.hewan.burung("Beo");
            }
}

Hasilnya :
                
                E.     Membuat Program MainMakhlukHidupPakeImport.java

          //file mainmakhlukhidup harus berada dalam folder meet6
          import makhlukhidup.*;
          import makhlukhidup.hewan.*;

         public class mainmakhlukhiduppakeimport {
            public static void main(String [] args) {
                                    manusia m= new manusia("Sayuti");
                                    System.out.println("Nama   : "+m.nama);

                                    makhlukhidup.tumbuhan t = new                   makhlukhidup.tumbuhan("Palem");
                                    System.out.println("nama  : "+t.nama);

                                    System.out.println("Semua burung pasti bisa terbang?" +makhlukhidup.hewan.burung.bisaterbang);
                                    makhlukhidup.hewan.burung b= new makhlukhidup.hewan.burung("Beo");
            }
}

Hasilnya :


               F.    Membuat Program ContohString.java

          public class contohstring {
            public static void main(String[] args) {
                        String kalimat="Selamat belajar JAVA";
                        System.out.println("toUpperCase     :" +kalimat.toUpperCase());
                        System.out.println("tolowerCase      :" +kalimat.toLowerCase());
                        System.out.println("Jumlah karakter  : "+kalimat.length());
                        System.out.println("Karakter index  ke 0 : " +kalimat.charAt(0));
                        System.out.println("Substing(16,20) :" +kalimat.substring(16,20));
                        System.out.println("Karakter index ke 0:  " +kalimat.trim());
}
}

Hasilnya :

                G.    Membuat Program OpMatematika.java

          public class opmatematika{
            public static void main(String[]args) {
                        System.out.println("E             = " +Math.E);
                        System.out.println("PI            = " +Math.PI);
                        System.out.println("Ln 20         = " +Math.log(20.0));
                        System.out.println("ceil(-5.6)    = " +Math.ceil(-5.6));
                        System.out.println("floor(-5.6)   = " +Math.floor(-5.6));
                        System.out.println("round( -5.6)   = " +Math.round(-5.6));
                        System.out.println("sqrt(25)      = " +Math.sqrt(25));
                        System.out.println("pow(25,0.5)   = " +Math.pow(25,0.5));
}
}

Hasilnya :
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar